Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan


Musim hujan sedang melanda Jakarta. Intensitas hujan pun sering berubah-ubah tanpa tanda, mulai dari hujan ringan hingga lebat. Perubahan cuaca ini menuntut masyarakat agar lebih menjaga kesehatan supaya kondisi tubuh tak menurun.

Sebelum terserang penyakit di musim hujan, sebaiknya lindungi diri Anda. Berikut lima langkah sederhana untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit di musim hujan:

1. Selalu Bawa Payung
Kehujanan dapat mengubah suhu tubuh Anda secara drastis yang menjadi kemungkinan terserang flu atau demam. Untuk menghindarinya, pertama lindungi diri Anda dari hujan dengan menggunakan payung. Ini adalah cara utama untuk menjaga tubuh dari luar.

2. Makanan Sehat
Memakan makanan sehat adalah hal paling sederhana untuk mencegah penyakit. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Imun tubuh yang kuat dapat melindungi Anda dari flu.

3. Cuci Tangan
Tangan merupakan tempat kuman dan virus berpindah. Dengan rajin mencuci tangan, terutama setelah diterpa hujan, akan membunuh virus yang menjadi penyebab utama demam dan flu. Gunakan air dan basuh kedua tangan dengan sabun hingga sela-sela jari, kuku, dan punggung tangan.

4. Jangan Pakai Sendal Jepit
Musim hujan bisa menyebabkan selokan jadi tersumbat dan banyak air tergenang. Dua tempat itu merupakan sumber penyakit seperti diare, flu, kolera, dan jamur di kulit. Tapi, musim hujan ini banyak sekali pengguna jalan yang lebih suka menggunakan sendal jepit karena dianggap lebih praktis dan lebih cepat kering.

Padahal, dengan kaki terbuka itu, kuman lebih mudah masuk. Sebaiknya gunakan sepatu tertutup seperti bot untuk musim hujan untuk melindungi kaki dari air kotor. Jangan lupa cuci kaki setelah tiba di rumah atau kantor.

5. Bersihkan Rumah
Populasi nyamuk semakin bertambah selama musim hujan. Agar nyamuk tak menyerang Anda, sebaiknya bersihkan rumah secara rutin. Perhatian parit, bak air, sudut, dan celah di rumah Anda yang mungkin menjadi sarang nyamuk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s