4 Alasan Utama Terbesar Pasangan Suami Istri Bercerai


Perceraian seperti menjadi hal yang biasa dalam sebuah hubungan pernikahan. Apalagi saat ini banyak selebriti yang tidak ragu-ragu untuk berpisah dengan pasangannya. Dalam pandangan ilmu psikologi keluarga alasan perceraian jadi banyak terjadi adalah karena mulai bergesernya nilai kepercayaan sebuah pernikahan.

Perceraian adalah dampak masa lalu yaitu pernikahan orangtua mereka. Ada kaitannya dengan kejadian yang terjadi dalam keluarganya. Misalnya, ketika keluarganya ada yang gagal dalam membina rumah tangga, mereka akan membawa permasalahan itu jadi persepsi baru tentang pernikahan. “Luka” itu akan terus dibawa dalam kehidupannya.

Ada empat faktor yang umum sebagai penyebab perceraian. Pertama, Kondisi keuangan dimana hal ini mencapai 60% kasus perceraian. Banyak orang bercerai karena kondisi keuangan pasangan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini terjadi karena tidak mau membicarakan penghasilan dan gaji pada waktu pacaran karena takut dianggap matre. Karena harapan pria dan wanita tentang kondisi keuangan setelah menikah berbeda, pria mengharapkan mendapatkan seks yang hebat dan rutin setelah menikah sedangkan wanita mengharapkan untuk tidak bekerja dan mengalami peningkatkan kesehjateraan.

Kedua, komitmen tentang pernikahan semakin rendah saat ini. Terbukti dari banyaknya pasangan yang melakukan nikah siri karena suka selingkuh dan cepat bosan dengan pasangan yang itu-itu saja. Kepercayaan pada pernikahan adalah yang sakral menjadi luntur.

Ketiga, adalah faktor keluarga yang juga andil dalam mempengaruhi hubungan pasangan tersebut yaitu perceraian orangtua atau orangtua yang suka bertengkar dan pulang malam.

Keempat, faktor situasional, yaitu kondisi kepribadian seseorang. Banyak orang yang bercerai karena tidak mengenal pasangannya, bahkan tak mengenal karakter dirinya sendiri karena pada waktu pacaran terlalu sibuk dengan nafsu dan romantisme tanpa sempat mempelajari sifat dan watak pasangan diluar tempat tidur. Jadi, begitu tahu sifat pasangan setelah menikah dan banyak menghabiskan waktu bersama tanpa seks, mereka kaget dan seperti tak puas sehingga memutuskan untuk bercerai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s