Daerah Panas Yang Kini Alami Hujan Salju Karena Perubahan Cuaca Global


Salju mungkin bukan fenomena yang aneh bagi warga di Eropa atau Amerika Utara. Namun bagi mereka yang hidup di Timur Tengah dan Asia Tenggara, hujan salju yang datang tiba-tiba merupakan hal yang aneh sekaligus luar biasa.

Kawasan Timur Tengah, dalam kondisi sedingin apa pun, sangat jarang disinggahi salju. Namun yang terjadi pekan lalu mengubah semuanya. Jalanan dan bangunan di beberapa negara gurun itu kini dipenuhi butiran putih nan dingin itu.

Hal yang sama juga terlihat di Vietnam utara. Negara di Asia Tenggara sudah cukup lama tak merasakan adanya salju. Maka tak heran, banyak yang berbondong-bondong pergi ke kota yang diselimuti salju untuk berekreasi.

Berikut sejumlah penampakan salju nan langka di kawasan Timur Tengah dan Vietnam:

  • Mesir
    Selama ini Mesir selalu dikenal sebagai kota yang panas. Namun yang terjadi 13 Desember lalu, membuat semua jadi terkaget-kaget. Untuk pertama kalinya sejak 112 tahun, ada salju di kota piramida tersebut. Para warga Mesir yang antusias dengan fenomena ini mengabadikan peristiwa penampakan salju di akun media sosial. Sontak hal ini jadi isu hangat yang diperbincangkan khalayak banyak.
  • Israel
    Salju terlihat di beberapa kawasan Israel. Kota Yerusalem jadi wilayah yang paling banyak diselimuti butiran putih ini.
  • Palestina
    Di Palestina, salju juga terlihat cukup tebal. Beberapa sekolah sempat ditutup karena cuaca buruk ini.
  • Libanon
    Fenomena langka ini juga muncul di kawasan Libanon. Seperti terlihat di desa Khiam, wilayah yang dekat perbatasan Israel. Di kamp pengungsian anak-anak di Arsal juga terlihat ada salju.
  • Suriah
    Beberapa warga di Suriah tampak menikmati salju yang turun di wilayah mereka. Meski jalanan ibu kota Damaskus tertutup salju, namun warga tak risau. Meski begitu, pemerintah setempat meminta warga agar tetap di dalam rumah.
  • Yordania
    Yordania juga jadi salah satu negara yang kecipratan salju. Bahkan anak-anak menikmati suasana tersebut. Boneka salju pun dibuat.
  • Vietnam
    Di Vietnam, salju turun di Kota Sa Po di Provinsi Cai, bagian utara Vietnam. Diberitakan Straits Times, Rabu (18/12/2013), salju itu turun sejak pukul 09.00 pagi waktu setempat dua hari lalu. Ketebalannya kini dikabarkan sudah mencapai lebih dari 5 centimeter. Suhu di lokasi sempat menyentuh minus dua derajat Celcius. Saat ini, suhu rata-rata di sana adalah minus satu derajat Celcius. Akibat kejadian ini, muncul masalah dalam pengaturan lalu lintas di jalanan. Sejumlah turis sibuk mengabadikan momen unik ini sehingga terjadi kemacetan.

One response to “Daerah Panas Yang Kini Alami Hujan Salju Karena Perubahan Cuaca Global

  1. Salju merupakan fenomena alam yang mengasyikkan. Setidaknya begitulah yg digambarkan dalam film-film kartun yg pernah ditayangkan di televisi. Tapi hal yang berbeda sepertinya bakal dirasakan oleh warga di beberapa negara bagian Amerika Serikat. Menurut data yang diberitakan , warga di beberapa negara bagian tersebut diprediksi akan mengalami gangguan besar dalam kegiatan mereka sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s