Pulau Kecil Baru Muncul Setelah Gempa Di Pakistan


pulau baru muncul setelah gempa pakistanSebuah pulau kecil muncul setelah gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter melanda Pakistan. Kira-kira apa penyebab kejadian yang tergolong langka ini? “Ini bukanlah cara yang lazim bagi terbentuknya sebuah pulau,” ucap profesor geologi dari Universitas Toronto, Andrew Miall, seperti dilansir CBC News, Kamis (26/9/2013).

“Tapi pergerakan vertikal dari lempengan bumi cukup wajar, dan ini bisa terjadi seperti dalam kasus ini karena lempengan bumi berada dalam posisi yang dekat dengan permukaan air,” imbuhnya. Pulau kecil yang muncul di lokasi sejauh 200 meter dari garis pantai Gwadar ini memiliki ketinggian sekitar 18-21 meter. Sedangkan panjangnya mencapai 91 meter dengan lebar mencapai 36 meter.

Permukaan pulau ini memang solid, namun kandungan yang ada di dalamnya tidak demikian. Campuran antara bebatuan, pasir, lumpur dan air dengan sejumlah celah yang ada terlihat membentuk gundukan pulau ini. Penjelasan lainnya disampaikan oleh profesor seismologi dari German Center for Geosciences, Marco Bohnhoff. Bohnhoff menuturkan, seperti dilansir abcnews.go.com, ada dua cara yang menjadi penyebab terbentuknya pulau semacam ini.

Penyebab pertama, lempengan bumi yang ada di dalam laut terdesak hingga keluar dari permukaan air laut akibat getaran gempa yang sangat kuat. Penyebab kedua, getaran gempa memicu pergerakan dan pelepasan gas yang tersimpan di dalam perut bumi dan berakibat pada munculnya ‘lumpur gunung api’ keluar hingga ke permukaan laut.

pulau baru gempa pakistanSenada dengan Bohnhoff, profesor geologi dari Queen’s University, John Dixon juga menyebut adanya ‘lumpur gunung api’ sebagai penyebab terbentuknya pulau ini. Karakterisik ‘lumpur gunung api’ ini sendiri cenderung lembut sehingga mudah terkikis. “Karena hal ini, tampaknya pulau ini hanya bersifat sementara — yang kemungkinan tersapu kembali ke laut oleh erosi yang dipicu gelombang air laut dengan cepat. Faktanya, bisa dilihat dari fotonya bahwa ini sebenarnya sudah dimulai,” jelasnya.

Situasi seperti ini bisa terjadi karena Pakistan terletak di antara tiga lempengan tektonik, yakni lempengan Hindia, Arab dan Eurasia. Pulau kecil yang muncul di Laut Arab, dekat Pakistan pasca gempa bumi berkekuatan 7,7 SR dipredksi tidak akan bertahan lama. Kandungan yang ada di dalam pulau kecil ini, mulai dari bebatuan, pasir dan lumpur diyakini akan terkikis oleh air laut dalam beberapa bulan ke depan.

Ahli biologi kelautan dari Institut Oseanografi Nasional Pakistan, Mohammad Danish menuturkan, sejumlah tim ahli telah mengunjungi ‘pulau kecil’ tersebut secara langsung untuk melakukan analisis. Hasilnya ditemukan kandungan gas metana pada permukaan pulau kecil tersebut.

“Tim kami menemukan gelembung yang muncul ke permukaan pulau tersebut yang bisa memicu api ketika sebuah pemantik dinyalakan dan kami melarang tim kami untuk menyalakan api apapun. Ini gas metana,” jelas Danish kepada televisi GEO dan dilansir AFP, Kamis (26/9/2013).

pulau muncul karena gempaPermukaan pulau ini memang solid, namun kandungan yang ada di dalamnya tidak demikian. Campuran antara bebatuan, pasir, lumpur dan air dengan sejumlah celah yang ada terlihat membentuk gundukan pulau ini. Diwarnai dengan ikan-ikan yang mati dan ganggang laut di mana-mana.

Seorang ahli gempa dari University of Melbourne, Australia, Gary Gibson menilai pulau kecil ini terbentuk dari lumpur gunung api. Gas metana yang ada di dalam gunung api memicu bahan-bahan yang ada di dekatnya untuk naik ke atas selama getaran kuat saat gempa terjadi.

“Ini pernah terjadi sebelumnya di wilayah tersebut, tapi tetap ini merupakan peristiwa yang tidak biasa, sangat langka,” ucap Gibson kepada AFP. Dia menambahkan, struktur yang membentuk pulau ini mudah terkikis oleh gelombang air laut. Tidak jauh berbeda, Kepala Departemen Geologi Universitas Karachi, Profesor Shamim Ahmed Shaikh menyatakan bahwa pulau baru tersebut akan terkikis dalam waktu beberapa bulan saja.

“Sekitar satu tahun sebelumnya, sebuah pulau dengan ukuran yang nyaris sama juga muncul di lokasi yang sama jaraknya dari pantai di wilayah Makran. Untuk kali ini, akan terkikis dalam waktu seminggu atau beberapa bulan saja,” cetus Shaikh.

Pulau kecil yang muncul di perairan dekat pantai Pakistan pasca gempa 7,7 SR menarik perhatian warga setempat. Dengan menggunakan perahu seadanya, mereka berlayar mendekati pulau baru tersebut.

“Ini bukan hal kecil, tapi hal yang besar yang muncul dari dalam air,” tutur seorang warga setempat, Muhammad Rustam kepada AFP, Rabu (25/9/2013).

Terlihat puluhan orang telah berada di atas pulau yang lebih tampak seperti gundukan bebatuan tersebut. Mereka sibuk mengamati dan memperhatikan pulau yang baru muncul beberapa jam setelah gempa. Gempa berkekuatan 7,7 SR terjadi pada Selasa, 24 September sekitar pukul 16.29 waktu setempat. Pusat gempa berada sekitar 20 kilometer di bawah tanah di distrik Awaran, provinsi Baluchistan yang berbatasan dengan Iran.

“Terlihat sangat, sangat aneh bagi saya dan juga sedikit menakutkan karena tiba-tiba pulau sebesar ini muncul dari air,” imbuh Rustam. Pulau kecil yang muncul di lokasi sejauh 200 meter dari garis pantai ini memiliki ketinggian sekitar 18-21 meter. Sedangkan panjangnya mencapai 91 meter dengan lebar mencapai 36 meter. Fotografer AFP menuturkan, permukaan pulau ini terlihat solid, namun diwarnai oleh adanya bebatuan, pasir, dan lumpur. Ditambah adanya ikan-ikan yang mati dan ganggang laut di permukaan pulau ini.

Karena baru muncul setelah gempa, warga setempat menyebut pulau baru ini sebagai ‘Pulau Gempa Bumi’.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s