Tengkorak Berusia 5.000 Tahun Ditemukan di Sungai Oleh Pejalan Kaki


Tengkorak manusia berusia 5.000 tahun ditemukan di tepi sungai di Worcershire, Inggris, oleh seorang pejalan kaki. Semula, tengkorak itu hanya dikira batok kelapa.

“Ini penemuan yang luar biasa. Tengkorak memiliki tanda rumit, yakni pembuluh darah yang masih terlihat di permukaan bagian dalamnya,” tulis Daily Mail, Sabtu, 31 Agustus 2013. Diduga, ini adalah tengkorak seorang wanita usia pertengahan yang hidup di zaman Neolitik.

Tengkorak berwarna kecokelatan ini ditemukan pertama kali oleh seekor anjing yang tengah berjalan-jalan dengan pemiliknya. Semula, si pemilik anjing mengira itu adalah bola atau batok kelapa. Hingga kemudian ia menyadari, itu adalah tengkorak. Ia pun melaporkan penemuannya pada kepolisian setempat.

Detektif yang menyelidiki tengkorak dengan panjang 15 sentimeter dan lebar 10 sentimeter ini pun menyakini, ini bukan penemuan biasa. Ia kemudian meminta bantuan seorang ahli arkeologi. Lewat tes radiokarbon yang dilakukan ahli akeologi, diketahui bahwa tengkorak ini berasal dari tahun 3.338 SM hingga 3.035 SM, atau sekitar 5.000 tahun lalu.

“Saya tidak menyangka tengkorak ini begitu awet. Padahal, itu berada di tepi sungai dan dalam waktu yang lama,” tutur Nick Daffern, seorang arkeolog senior. “Ini menimbulkan pertanyaan, dari mana asalnya,” paparnya lagi.

Daffern menerka-nerka, dari mana asalnya tengkorak ini. Ia menduga, mungkin saja di sekitar sungai ada sebuah pemakaman Neolitik. Karena suatu hal, tengkorak ini akhirnya terbawa arus. Namun, menurut Daffern, menemukan pemakaman Neolitik seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Pasalnya, tidak ada bukti atau penemuan lain yang bisa membawa peneliti memecahkan misteri tentang tengkorak itu.

Meski belum bisa mengungkap asal muasal tengkorak, peneliti memiliki kesimpulan yang pasti. Ini adalah tengkorak seorang wanita dan ia meninggal secara alami. Gender tengkorak terlihat dari kerapuhan tengkorak dan tidak adanya tulang alis. Sementara itu, tidak adanya luka dan tanda-tanda penyakit di tengkorak ini menunjukkan, wanita ini meninggal secara alami.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s