Transportasi Super Cepat Masa Depan Hyperloop Dibangun Dengan Dana 60 Triliun Rupiah


CEO Tesla Motors Inc CEO Elon Musk akhirnya mengumumkan gambarannya tentang transportasi futuristik ‘Hyperloop’. Moda transportasi baru ini dijanjikan bisa melaju super kencang.

Jarak antara San Francisco dan Los Angeles sekitar 400 mil atau sekitar 650 km, bisa dilipat dalam waktu kurang setengah jam. Artinya, kecepatannya sekitar 1.300 km per jam. Jarak yang sama saat ini, butuh waktu 75 menit dengan pesawat. Dengan mobil butuh sekitar lima setengah jam. Dengan kereta cepat yang pembangunannya sudah disetujui, butuh waktu 2 jam 40 menit.

Musk pernah menyatakan, Hyperloop adalah gabungan antara pesawat Concorde, kereta peluru dan meja hockey (air-hockey table). Moda transportasi ini bentuknya laiknya kapsul. Tiap kapsul muat 28 orang. Kapsul ini tertutup tabung baja bertekanan rendah. Kapsul ini melayang di dan didorong melalui linear accelerator magnetik. Tenaga pendorongnya akan mengambil tenaga surya. Singkatnya, Hyperloop seperti kapsul yang melaju dalam selang baja.

Musk, kepada pers Selasa (11/8) waktu setempat mengatakan Hyperloop memakan biaya kurang dari US$ 6 miliar (sekitar Rp 60 triliun). Moda transportasi ini bisa mengangkut 7,4 juta orang per tahunnya. Miliarder asal California ini mengatakan, butuh waktu 7 tahun hingga 10 tahun untuk merealisasikan proyek ini.

Musk mengatakan dalam sebuah posting blog menyatakan, Hyperloop lebih aman, cepat, murah dan lebih nyaman. Selain itu, menurut Musk Hyerloop tahan terhadap gempa. Pemerintah California pada 2008 menyetujui rencana pembangunan jalur kereta cepat, dengan biaya US$ 98 triliun, ima belas kali lipat dari biaya Hyperloop.

Namun Musk tak ingin sepenuhnya menukangi Hyperloop. Dia ingin desain kendaraan ini digagas oleh publik (open-source) dan melibatkan pemerintah. “Mungkin saya bisa memulainya dengan prototipe lalu menyerahkannya kepada orang lain,” katanya. Maklum, Musk kini juga tengah sibuk dengan dua perusahaannya, SpaceX dan Tesla.

Musk mau menanamkan kekayaannya untuk proyek ini. Namun dia enggan sepenuhnya mengelola Hyperloop.

Musk, dikenal sebagai figur visioner dan futuristik. Dia menggagas pembayaran sistem online Paypal, yang kini banyak digunakan dalam jual beli maya secara global. Dia juga menggagas perusahaan transportasi ke luar angkasa, SpaceX. Slain itu, dia juga mendirikan perusahaan otomotif yang menggunakan tenaga listrik Tesla Motors.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s