Jenis Telapak Kaki Manusia Serta Arti dan Profil Kesehatannya


Saat membeli sepatu atau sandal, Anda tentu pernah mengalami saat di mana telapak kaki terasa tak sesuai dengan alas kaki yang dipilih. Tak hanya itu, bandingkan telapak kaki Anda dengan orang di sekitar, biasanya akan memiliki perbedaan bentuk. Lantas ada jenis apa sajakah telapak kaki sebenarnya?

“Pada dasarnya bentuk kaki itu normal atau sering disebut flat foot. Tapi ada lagi yang disebut high arc, tergantung dari lengkungan di bawah kaki itu. Perbedaan telapak kaki setiap orang bisa terlihat pada tiap lengkungan yang ada di dalam kaki,” papar dr Meidy H Triangto, Sp.KFR, dari Kid’s Foot Rehabilitation Center RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, saat dihubungi dan ditulis pada Rabu (14/8/2013).

Menurut dr Meidy, flat foot memiliki bentuk telapak kaki yang benar-benar rata. Sementara sebutan arc biasanya diberikan pada telapak kaki yang memiliki sedikit lengkungan, sementara sebutan high arc diberikan pada orang yang memiliki bentuk telapak kaki dengan lengkungan yang sangat tinggi.

“Kalau ingin tahu bentuk kaki kita, caranya dengan menginjak pasir atau kertas yang basah. Nanti akan terlihat dan ketahuan bagaimana lengkungan yang ada di bawah telapak kaki kita,” ujar dr Meidy.

Selain dengan cara mudah tersebut, ada pula cara lain yang lebih modern yaitu dengan melakukan konsultasi ke dokter rehabilitasi. Menurut dr Haidir Suleiman, MM, SpRM, di sana akan dilakukan pemeriksaan untuk melihat bagaimana bentuk telapak kaki orang tersebut, misalnya dengan beberapa pemeriksaan foot scan.

“Umumnya bentuk telapak kaki itu pes planus atau flat foot yang bentuknya lebih ceper atau sering disebut kaki bebek. Selain itu, ada pula pes cavus yang bentuknya seperti cakar burung, agak melengkung,” ujar dr Haidir yang saat ini praktik di Departemen Rehabilitasi Medik RS Puri Indah

Menurut dr Haidir, perbedaan antara high arc dengan flat arc bisa dilihat dari lengkungan medial arch supportnya. High arc dikatakan lebih mirip pes planus, sementara flat arc lebih mirip dengan pes cavus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s