Terbukti Tinggal Dekat Pantai Meningkatkan Kesehatan


Studi yang dilakukan di Universitas Exeter, Devon, Inggris, menyimpulkan banyaknya manfaat kesehatan dari menghabiskan waktu di dekat laut. Penelitian ini dipresentasikan Rabu lalu pada konferensi kebijakan ilmu pengetahuan, yang diselenggarakan oleh American Geophysical Union. Peneliti melakukan beberapa percobaan untuk menentukan apakah pantai mempengaruhi kesehatan seseorang.

“Bukan rahasia lagi, pantai membuat seseorang menjadi rileks,” ujar Michael White, salah satu peneliti, pada Daily Mail, Senin, 1 Juli 2013. Para peneliti mempelajari data sensus di Inggris. Mereka menemukan kesehatan orang yang tinggal di dekat pantai lebih baik.

Menurut White, rumah semakin dekat dengan pantai secara signifikan meningkatkan kesejahteraan seseorang. Pindah ke rumah di tepian laut juga dapat mengurangi stres dan mendorong aktivitas fisik.

Dalam sebuah eksperimen, peneliti meminta responden memberikan nilai pada gambar pantai, sawah, dan kota. Hasilnya, pantai mendapat nilai tertinggi.

Para peneliti terus mempelajari mafaat pantai bagi kesehatan seseorang. Salah satu penelitian yang sedang berjalan, meneliti manfaat pantai bagi seseorang yang baru saja melakukan operasi gigi.

Dari hasil penelitian terungkap, pantai bisa meredam rasa sakit yang mereka derita. Penemuan ini menjadi gerbang awal bagi pengobatan baru. Salah satu penyelenggara studi tersebut, Lora Fleming mengatakan bahwa pantai diharapkan dapat menjadi media terapi penyembuhan baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s