Modifikasi Skutik Mio Menjadi Motor Cargo Pengangkut Barang


Skutik identik dengan kelincahan dan kemampuannya bermanuver di jalanan sempit. Inilah yang membuat Susanto Gunawan, bereksperimen dengan Yamaha Mio Soul 2008. Modifikator 909 Hotmatic Bandung itu mengobrak-abriknya hingga menjadi sepeda motor pengangkut barang (cargo) dan bermanfaat sebagai rekan bisnis!

Bekerjasama dengan rekannya sesama modifikator, Johny Lipurnomo (Custom World), Teddy (Deal Motor Sport) dan Ryan (Aboben), Mio standar hanya disisakan mesin, selebihnya custom. ”Konsepnya adalah menghadirkan kendaraan cargo pengganti mobil. Skutik yang simpel kalau dijadikan kendaraan cargo bisa membantu pengiriman di daerah pelosok,” ujar Susanto yang kerap disapa Yayank.
Matic Express Cargo
Untuk mewujudkan konsep itu, sasis diracik ulang menggunakan pipa seamless 3,2 inci. Bagian tengahnya dibuat seperti lubang untuk mengangkut barang bawaan. Ukuran lubang tengah itu disesuaikan dengan boks yang biasa dipakai untuk mengantar barang semacam sepeda motor delivery service. Secara skala, Mio Soul cargo itu pun lebih panjang dan tinggi.

Tak hanya penampilan yang dikejar, Yayank dan kawan-kawan juga harus memikirkan soal handling agar sepeda motor ini lincah dipakai mengantar barang. Dia pun membatasi berat barang yang akan dibawa, maksimal 50 kg dengan ukuran lubang di tengah bodi tidak melebihi lebar bodi. Dengan begitu, kedua kaki pengendara pun bisa ”mencengkeram” bagian cargo dan tak mempengaruhi sisi ergonomis.

Setang juga dibuat berbeda, posisinya menyesuaikan dengan panjang motor untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan. Suspensi depan pakai swing arm yang dipadukan dengan ban ATV. Tujuannya jelas, sepeda motor cargo ini bisa dipakai di segala medan, bahkan jalanan berbatu dan becek di pelosok daerah dengan infrastruktur jalannya sangat buruk.

Selain bodi yang memakai bahan fiberglass, crankcase dibuat lebih panjang sekitar 10mm. Caranya, disambung pakai crankcase Mio lainnya. Hasil modifikasinya dinamai Matic Express Cargo 909 dan siap melenggang. Tak sia-sia, garapannya itu menjadi yang terbaik dalam Yamaha Cuzztomatic tahun lalu dan berangkat ke Tokyo Motor Show.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s