Indonesia Produksi Mobil Murah Tahun 2012 Seharga 30 Juta

Deputi Menko Perekonomian bidang Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawady mengatakan Indonesia menargetkan bisa memproduksi 1.000 unit mobil murah pada tahun 2012. Mobil murah itu mencakup 2 jenis yakni mobil kluster IV dan mobil low cost.

Mobil kluster IV harganya berkisar Rp 30 sampai 40 juta per unit. Sedangkan harga mobil low cost akan dijual dengan kisaran harga Rp80 juta per unit. Produksi mobil murah ini untuk meningkatkan industri otomotif dalam negeri. “Supaya turn over policy lebih cepat, jadi jangan ditahan demand itu,” kata Edy di kantornya, di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (4/5).

Mobil murah ini diharapkan bisa menjadi mobil nasional karena komponennya yang menggunakan produk lokal. Rencananya, produksi mobil murah ini akan digarap oleh PT INKA ataupun perusahaan patungan.

Dia mengatakan produksi mobil murah ini tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah yang akan menghemat penggunaan bahan bakar minyak, sebab mobil murah ini akan menggunakan bahan bakar gas. Selain itu akan ada kebijakan fiskal yang mengatur makin tua makin mahal pajak mobil, pajak progresif dan ada policy rangsangan, misalnya ada daerah yang mau menarik mobil lama, maka akan nol persen pajaknya.

Pemerintah akan membebaskan PPnBM. Dengan kebijakan ini mobil tidak lagi diartikan sebagai barang mewah, karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Selanjutnya, kata dia masyarakat akan berpindah ke mobil murah. “Ini supporting policy-nya,” kata Edy.

Dalam jangka panjang, Edy menambahkan akan memunculkan tren penyewaan mobil dari pola kepemilikan mobil. “Nanti ada leasing policy, nantinya tidak mungkin mewariskan mobil, expatriat saja menyewa, daripada bayar STNK mending leasing,” katanya.

About these ads

5 responses to “Indonesia Produksi Mobil Murah Tahun 2012 Seharga 30 Juta

  1. Setuju..! Ayo indonesia bisa!

  2. mobil murah oke,,tapi pemerintah siapkan solusinya untuk antisipasi kemacetan…

  3. gede yasa dari sumbawa

    saya harap mobil yang di produksi dengan harga murah ini tidak terlalu jauh kualitasnya dengan harga mobil impor kalau bisa lebih baik dan irit bahan bakar. terus tingkatkan produksi dalam negeri dalam segala berbagai sektor,,,,terus maju indonesiaQ……….

  4. Harga murah,kualitas tinggi,kembangkan terus teknologi dan karya anak bangsa.saya dukung indonesia harus bisa lebih maju ….jangan kalah dengan negara cina bisa produksi mobil abal-abal sampai mancanegara bahkan kedunia pertambangan juga.

  5. indonesia,mobil murah hanya 30 jt……cc 1000 keatas okee….cepetan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s