Perbedaan Manusia dan Binatang


Yang membedakan manusia dengan spesies lain dibumi ini bukan terletak pada kemampuan manusia untuk merasa, untuk mencintai dan dicintai, bukan juga nilai-nilai moral dan etika manusia, apalagi karena ide-ide kreatif manusia dan kebutuhan manusia untuk berkelompok sebagai mahluk sosial.

Di alam sekitar dan kehidupan sehari-hari banyak sekali contoh bahwa manusia kalah dengan binatang.

Perbedaan utama adalah kemampuan menciptakan dan menggunakan perkakas, manusia adalah mahluk dengan perkakas, tanpa menggunakan perkakas sudah lama manusia terhapus dari ekosistem dibumi. Kemampuan menerapkan teori menjadi sesuatu yang praktis.

Kemampuan membuat api mungkin adalah penemuan manusia yang paling penting dalam sejarah umat manusia, api membuat manusia mampu untuk memasak, menghangatkan diri dimusim dingin, meningkatkan standar kesehatan, mengolah logam yang kemudian membawa pengaruh besar dalam jalannya sejarah planet bumi.

Banyak sekali contoh peradaban manusia yang runtuh karena gagal mengadopsi teknologi atau gagal menemukan teknologi yang lebih maju seperti inca, maya, mesir, yunani, kesultanan turki, kerajaan sungai indus dan lain-lain. Menolak teknologi adalah bunuh diri.

Seperti yang terjadi dalam sejarah peradaban manusia, siapa yang menguasai teknologi pengolahan logam, dialah bangsa yang berjaya. Semula memakai pisau dari batu kemudian penemuan cara pengelolaan logam seperti perunggu dan besi membuat teknologi batu tidak berarti. Dan sekarang penguasaan teknologi nuklir (plutonium) menjadi bangsa yang mampu menguasainya menjadi super power.

Menolak ilmu pengetahuan, menghambat penyebaran ilmu pengtahuan dan kemajuan teknologi adalah dosa karena Sang Pencipta tidak akan menciptakan otak dikepala manusia sebagai hiasan bila Dia tidak ingin manusia memakainya untuk perbuatan baik.

45 responses to “Perbedaan Manusia dan Binatang

  1. hey…..
    lam kenal…. :D

  2. Lam kenal…
    dan subhanallah..bagus banget…

  3. makasih ya artikel ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah saya.

  4. wah bagus banget dan membawa inspirasi bagi yang berpikiran terbukan!

  5. ya, mencipta dan menggunakan ciptaannya. bahkan memuja karyanya.

  6. ass.. makasih bgt y. artikelnya sangat bermanfaat bt menyelesaikan tugas kuliah sy. lam knl…

  7. Weh…subhanlah.allh akbr

  8. mantap ok bgt.

  9. binatang ngerti bahasa manusia sedang manusia nggak ngerti bahasa hewan

  10. bagus..bagus…

  11. good…good..

  12. bagus…bagus

  13. bagus………….
    saya setuju dengan pernyataan itu……….lam kenal ma semuanya

  14. terimakasih semoga bermamfat

  15. Benar….dan alam ini akan rusak karena nafsu serakah manusia untuk mencapai kejayaan yang tidak perhatikan keseimbangan.

  16. Thanks atas infonya skarang aku da tau’ perbedaan manusia dengan binatang itu apa

  17. hay salam kenal

  18. HE@salam KEnal… Sip oui… mantab

  19. zaman sekarang antara manusia dengan hewan sudah tidak ada bedanya…..

  20. tq bgt……………………………………………….
    akhir na ……………………………….
    da slesai muana tugaz Q……………….
    da terpecah deh maslh di Kampuz,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  21. iya betul setiap penemuan baru mendorong jenis perang yang lebih baru , dan kematian yang lebih besar . teknologi batu =orang perang pake batu , teknologi logam =orang perang pake logam , teknology nuklir( plutonium ) = orang perang pake nuklir , ujung-ujungnya sama = the end of the world .

  22. artikel nya bgus bngt karna menguak kebohongan2 darwin…….!
    dan mnrut gw zaman purba gx ada…..?

  23. Ella renda bima

    Artikelx bgus bngt tw,,
    jd teorix darwin dihapus dch.

  24. Hastuthy putri rasyid

    Akhirx zy tw perbedaan manusia dngan hewan

  25. “Perbedaan utama adalah kemampuan menciptakan dan menggunakan perkakas, manusia adalah mahluk dengan perkakas, tanpa menggunakan perkakas sudah lama manusia terhapus dari ekosistem dibumi.” Ini benar sekali karena manusia itu dengan keinginannya adalah SEDERHANA dan tidak kompleks yaitu manusia dan binatang memiliki keinginan untuk menghindari rasa sakit dan ini sederhana sekali.

    “Kemampuan membuat api…” … ini juga benar banget terlebih karena api dan panas itu berbeda jauh. panas belum tentu api dan api sudah panas, ini seperti perbedaan kata benda dan kata sifat. Jangan suka mencampur baurkannya nanti terlihat kurang pengetahuan seperti saya ini.

    Salam kenal.

  26. peradapban yg menciptakan,waktu berlalu ekosistem mulai bisa di citakan dengan almunium , besi, perak, perunggu, timah,emas atau plutonium, tapi g mana caranya, maaf baru mau belajar teknologi….

  27. kerennnnnnnnnnn

  28. manusia adalah satu-satunya binatang yang mendapatkan kesenangan dari melakukan kekerasan dan penyiksaan terhadap sesamanya – Mark Twain

  29. Hebat sekali bung

  30. hmm……….
    Manusia adalah selintir makhluk bodoh yg mendapatkan sedikit nikmat dengan menemukan tekhnologi. Namun manusia tdk menyadarinya dan mengumbar nafsu. Sehingga sulit d bedakan dgn binatang … satu-satunya yang beda adalah manusia mendapatkan kenikmatan dg menyiksa sesama sedangkan binatang tidak.

  31. Manusia mkin bsa lebih brmoral dari pda bnatng krna ap manusia msh ad rasa malu n rasa minder kalo bnatang trbuka ap ad ny tpi it mnjukan kalo dia pnya sesuatu yg lbh u lbh bsa trbka akal shat ny jd inti prtnyaan kpa manusia tak brpikir u k 2 x ny stlh melakukan ap aj ttng dunia msa lalu n knpa bntng lbh cpat tahu tntng dunia u kdpan nya

  32. Jangan pelit ilmu ya…

  33. YANG MEMBEDAKAN MANUSIA DENGAN BINATANG ADALAH MANUSIA AKAN DIMINTAI PEWRTANGGUNG JAWABAN ATAS PERBUATANYA SEDANGKAN BINATANG TIDAK AKAN DIMINTAI PERTANGGUNG JAWABAN ATAS PERBUATANYA

  34. thks yach,artkelx bwt q mdah ngrjain tgs kuliah q ,,,

  35. Waoooo,,,, sngguH JeniuzZZ, inspirasi tmbhan buat tgas kuliahqw,,, ^-^ ,,,,,

  36. Info yang menarik, tentang urgensi manusia!Trims

  37. thanks ya buat artikel ini
    ini membantu saya mengerjakan tgs kuliah

  38. Mantap banget thanks infonya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s