Daftar Spesifikasi Tank Kelas Berat Main Battle Tank MBT Terbaik Di Dunia

Tank kelas berat identik dengan bobot yang berat, meriam yang besar dan daya hancur yang tinggi. Dalam pertempuran, tank ini memegang peran besar untuk menyerang atau bertahan. Ini dia 10 tank terbaik di dunia.

1. Leopard 2A6
Ini tank buatan Jerman yang sekarang ramai menjadi perdebatan di tanah air. Situs http://www.military-today.com dan beberapa situs militer lainnya sepakat menobatkan tank ini sebagai salah satu tank kelas berat terbaik di dunia. Tank Leopard 2A6 dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi. Bobotnya 62 ton, dipersenjatai dengan meriam kaliber 120 mm dan dua senapan mesin 7,6 mm. Mampu mendaki hingga kemiringan 60 derajat dan melaju hingga 72 km. Tank ini juga memiliki daya jelajah 550 Km. Jerman, Kanada, Yunani, Belanda, Portugis dan Spanyol menggunakan tank ini sebagai andalan.

2. Challenger 2
Panser dan Tank buatan Inggris dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Begitu pula dengan Tank Kelas Berat Challenger 2. Tank ini memiliki proteksi yang sangat baik dalam menahan gempuran musuh. Challenger 2 dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi. Tank ini memiliki berat 62,5 ton. Dipersenjatai meriam kaliber 120 mm yang efektif digunakan pada jarak 3.000 meter, namun mampu mencapai jarak 5.000 meter. Daya jelajah 450 km, dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

3. MIA2 Abrams
MIA2 Abrams! Ini tank andalan Amerika Serikat untuk melibas musuh-musuhnya di seluruh dunia. Baju besinya dilapisi uranium, sementara lapisan dalam tank dilapisi Kevlar untuk menjamin keselatan kru tank. MIA2 Abrams dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi. Senjatanya mengandalkan meriam M256 120mm. Mampu menghancurkan tank lain dalam radius 4 Km. Tiga senapan mesin menambah seram tank berbobot 62,5 ton ini. MIA2 Abrams memiliki daya jelajah 400 km dan kecepatan maksimun 67 Km.

4. K2 Black Panther
K2 Black Panther diharapkan untuk menggantikan seluruh tank K1 Korea Selatan. Disebut-sebut inilah tank paling mahal saat ini. Mengusung perlindungan seperti M1A2 Abrams milik Amerika Serikat, namun dengan bobot yang lebih ringan, hanya 55 ton. Tank K2 dioperasikan 3 awak. Senjatanya meriam kaliber 120 mm, dengan dua senapan mesin. Daya jelajah 430 km, dengan kecepatan maksimum 70 km/jam. K2 akan membuat Kavaleri Korea Utara berfikir dua kali sebelum bertempur head to head dengan tank ini.

5. Tank T-90
Tank T-90 menjadi andalan Rusia di era pasca Perang Dingin. Tank ini merupakan pengembangan dari Tank T-72 semasa perang dingin. Tank T-90 dioperasikan 3 awak dengan berat 46,5 ton. Senjatanya meriam kaliber 125 mm, dan dua senapan mesin. Daya jelajah 550 km dengan kecepatan maksimum 60 km/jam. Ada beberapa varian Tank T-90, selain digunakan untuk pertempuran, Rusia juga membuat varian penyampu ranjau dan keperluan zeni konstruksi. India membeli lisensi dari Rusia untuk membuat tank kelas beratnya sendiri, Bhisma. Rusia kini sedang mengembangkan T-95, sebuah monster kelas berat berlapis baja yang lebih canggih.

6. Tank Merkava Mk IV
Bobot tank produksi Israel ini mencapai 65 ton. Paling berat di antara sesama tank kelas berat. Tank Merkava Mk IV mulai digunakan tentara Israel sejak tahun 2004. http://www.military-today.com menobatkan Merkava sebagai tank yang memiliki proteksi paling kuat terhadap serangan saat ini. Tidak hanya di bagian atas tank, bagian bawah pun dilapisi baja cukup tebal untuk menahan ledakan ranjau darat. Wajar saja, Israel selalu waspada terhadap serangan lawannya dari jazirah Arab. Tank Merkava Mk IV dioperasikan 4 awak. Senjatanya meriam kaliber 120 mm, mortir 60 mm, satu senapan mesin 12,7 mm dan dua senapan mesin 7,6 mm. Daya jelajah 500 km dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

7. Tank Tipe 99 China
Tidak puas dengan Tank Tipe 90, China mengembangkannya menjadi Tank Tipe 99. Tank Tipe 99 masuk dinas militer tahun 2001. Tank Tipe 90 memiliki perlindungan 1.000-1 200 mm. Cukup tebal untuk menahan gempuran dalam pertempuran antar tank kelas berat. Bobotnya 54 ton dan dioperasikan 4 awak. Untuk senjata, China berkolaborasi dengan Rusia. Tank Tipe 90 dilengkapi meriam kaliber 125 mm dan cocok digunakan dengan misil 9K119 Refleks yang dikenal sebagai pembuhun tank kelas berat. Tank ini memiliki daya jelajah 600 km, dengan tanki tambahan. Kecepatan maksimum 60 km/jam di jalan offroad dan 80 km di jalan raya. Cukup ngebut untuk ukuran tank kelas berat.

8. Tank KIA1
Ancaman peperangan dengan Korea Utara membuat Korea Selatan serius membangun angkatan perangnya. Salah satu andalan KRL untuk tank kelas berat adalah KIAI. Tank KIAI mulai beroperasi di AD Korsel sejak tahun 2001. Tank berbobot 54,5 ton ini, dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi. Untuk persenjataan dan teknologi, KIAI tidak jauh berbeda dari Tank M1A1 Abrams milik Amerika Serikat yang merupakan sekutu mesra Korsel. Tank ini mengusung meriam kaliber 120 mm dan dua senapan mesin. Komandan Tank mengoperasikan senapan mesin 12,7 mm dan penembak mengurusi senapan mesin 7,62 mm. Tank ini memiliki daya jelajah 500 km dan kecepatan maksimum 65 km/jam.

9. Tank Tipe 90 Jepang
Tank ini merupakan salah satu andalan pasukan bela diri Jepang dan mulai digunakan sejak tahun 1992. Tank ini dioperasikan 3 awak. Beratnya 50,2 ton, dan dipersenjatai meriam kaliber 120 mm dengan kapasitas 40 peluru serta senapan mesin kaliber 12,7 mm, atau 7,62-mm. Tank Tipe 90 memiliki daya jelajah 400 km, dan kecepatan maksimum 70 km/jam. Mesinnya menggunakan Mitsubishi 10ZG Disel yang mampu menghasilkan 1.500 tenaga kuda. Rencananya, secara perlahan Jepang akan mengganti Tipe 90 ini dengan tank TK-X yang lebih ringan namun memiliki sejumlah keunggulan manuver dan proteksi.

10. Tank Leclerc
Tank Leclerc diproduksi GIAT Industries di Perancis. Menurut situs http://www.military-today.com, pertama kali prototipenya dibuat tahun 1989. Kemudian mulai masuk dinas militer Perancis tahun 1992. Selain Perancis, Arab Saudi juga memiliki ratusan tank ini. Bobotnya 56 ton dan dioperasikan 3 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan, penembak dan pengemudi. Untuk senjata, Leclerc diperkuat meriam 120 mm dan senapan mesin kaliber 12,7 mm, atau 7,62-mm. Daya jelajah mencapai 650 km dengan tanki cadangan, 550 km tanpa tanki cadangan, Kecepatan maksimum 72 km/jam. Tank Leclerc menggunakan mesin disel turbo VD V8X-1500 berkekuatan 1.500 tenaga kuda. Lapisan perlindungannya terdiri dari baja, keramik and Kevlar. Salah satu keunggulannya mudah diperbaiki jika terkena tembakan.

About these ads

4 responses to “Daftar Spesifikasi Tank Kelas Berat Main Battle Tank MBT Terbaik Di Dunia

  1. Indonesia khan rencananya mau beli 100 tank… belia aja masinng masing tipe diatas 10 biji. abis itu pelajari,,,, jangan terus2an bilang susah….Susah… padahal qt bisa kog….

  2. Dewan Pimpinan Ranting PARTAI AMANAT NASIONAL Pondok Karya Pondok Aren Tangerang Selatan Banten lebih setuju TNI.AD meng-akuisisi seperti MBT T.90,MBT T.84 Oplot-BM.Selain kita mempergunakan PANSER ANOA Meriam Crockril 90mm produksi PT.PINDAD.Ada satu pertanyaan,” mungkinkah TNI.AD memekarkan YON INFANTRI dengan RESIMEN YON.INFANTRI MEKANIS ditahun kedepannya”.

  3. Dewan Pimpinan Ranting PARTAI AMANAT NASIONAL Pondok Karya Pondok Aren Tangerang Selatan Banten,sangat berharap jika persenjataan KAVALERI TNI tidak semesti merujuk Amerika,Eropa,tetapi dengan kehadiran MBT Al khalid Pakistan dan tank dzulfikar Iran-kalau ingin membeli tank yang mahal Black Panther Korea Selatan dapat TNI jadikan rujukan kedepan tahun RENSTRA 2013-2025,minimal 25 Unit jenis MBT.Tetapi Anak Bangsa kita bisa belajar banyak meng-adopsi memproduksi MBT seperti MBT.Arjun mk.II india.

  4. Dewan Pimpinan Ranting PARTAI AMANAT NASIONAL Pondok Karya Pondok Aren Tangerang selatan Banten sangat setuju jika setelah MBT Leopard Jerman TNI.AD Yon Kavalerinya ditambah MBT T.90,MBT.T-80U ditambah ada yang cocok untuk YON Zeni.Asalkan ada ToT dalam proses pembeliannya… Kami juga usulkan jika PINDAD berani mengadakan kerjasama mengerjakan Tank K-21 korsel.Tetapi apa ada kemungkinan kita kembangkan untuk TNI memproduksi K-21 tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s