Planet Dari Galaxy Lain Ditemukan Tim Astronom Max Planck Institute


Tim astronom Eropa dipimpin peneliti dari Institut Max-Planck untuk Astronomi (MPIA) Jerman, Johny Setiawan, menemukan untuk pertama kalinya planet dari luar galaksi Bimasakti. Planet HIP 13044 b dengan massa 1,25 massa Jupiter ini mengelilingi sebuah bintang raksasa merah bernama HIP 13044.

Dalam evolusi bintang, bintang raksasa merah adalah fase akhir hidup sebuah bintang yang massa awalnya seukuran dengan Matahari. Bintang yang berjarak 2.000 tahun cahaya dari Bumi ini terletak di alur Helmi, bagian galaksi Bimasakti yang berasal dari galaksi katai yang semula terletak di dekat Bimasakti. Galaksi katai itu ditelan Bimasakti sekitar 6-9 miliar tahun lalu. Sistem keplanetan ini diamati di Observatorium La Silla milik Observatorium Selatan Eropa (ESO) di Cile. Temuan ini dipublikasikan di Science Express, Kamis (18/11).

”Selama ini belum pernah ditemukan planet dari luar galaksi Bimasakti. Namun, proses kanibal di alam semesta membuat planet di luar galaksi Bimasakti bisa diamati,” kata peneliti MPIA lainnya, Rainer Klement. Dengan mempelajari sistem keplanetan bintang HIP 13044, manusia dapat memprediksi nasib Bumi mengingat Matahari dalam 5 miliar tahun ke depan akan berkembang menjadi bintang raksasa merah juga

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s