Spesifikasi Mobil Kepresidenan Amerika Serikat Barrack Obama

Kehadiran presiden Amerika Serikat di negara mana pun selalu didampingi oleh berbagai komponen pengamanan, termasuk mobil kepresidenan. Artinya, Presiden Barack Obama yang hari ini tiba di Indonesia juga akan menggunakan mobil khusus Cadillac One yang juga dijuluki “The Beast”.

Julukan mobil ini didapat karena sosok dan kekuatannya bagaikan monster. Wujudnya masih mencerminkan sedan limusin mewah Cadillac yang memadukan desain SUV Escalade dan sedan STS, tetapi di balik badannya terdapat sasis truk GMC Topkick. Jaraknya dari tanah menjadi lebih tinggi, yang juga membuat pandangan keluar menjadi lebih optimal.

Bukan AS jika mereka tak mengantisipasi kemungkinan serangan bersenjata pada pemimpinnya ini. Tak heran, mobil tersebut dibuat bagaikan benteng berjalan. Pintu setebal 8 inci, ban dengan teknologi run-flat yang menggunakan material kevlar, hingga kaca anti-peluru dengan tebal minimal 0,5 inci yang sudah dapat menahan tembakan pistol Magnum kaliber 44 dari jarak nol sentimeter. Semua itu membuat Obama tetap aman di dalam mobilnya meski diserbu dengan bom dan pelontar granat.

Di dalam kabin terdapat sekat antigas beracun dan suplai oksigen khusus untuk mengantisipasi serangan gas kimia. Kabinnya bisa memuat tujuh penumpang, termasuk sang presiden. Dua orang duduk di kabin depan, sementara lima lainnya di kabin belakang. Terdapat sekat kaca di antara kedua kabin ini dengan tempat duduk yang berhadap-hadapan.

Tak hanya keselamatan, kenyamanan presiden juga dijamin dengan seperangkat sistem hiburan di dalam mobil berupa sistem audio-video dengan 10 CD-changer dan pengatur suhu individual. Bahkan, tempat duduk presiden juga dilengkapi dengan pemijat. Sebagai penunjang kerja presiden, sistem komunikasi canggih, termasuk komputer kerja presiden, disiapkan di dalam mobil ini.

Tak ada detail spesifikasi teknis yang bisa diketahui oleh umum tentang mobil ini. Hanya General Motors (GM) yang memproduksi dan Secret Service (petugas pengamanan presiden AS) yang mengetahui detailnya. Koran Daily Mail Inggris sempat menyebutkan bahwa harga mobil ini mencapai 460.000 dollar AS dan menggunakan mesin diesel 6,5 liter.

General Motors (GM) akhirnya merilis foto dan sedikit cerita tentang Limosin Kepresidenan terbaru Amerika Serikat yang nantinya akan ditumpangi Barack Obama pada pelantikannya 20 Januari 2009 di Gedung Putih. Dipastikan, untuk memulai Era Baru Amerika Serikat, Cadillac juga mempersembahkan Limosin Kepresidenan yang total baru, baik dari desain maupun teknologi.

Foto yang dirilis oleh Cadillac, salah satu divisi GM yang dikhususkan membuat mobil mewah, hanya memperlihatkan eksterior depan dan belakang. Interior tidak disertakan. Bisa dimaklumi, karena menyangkut keamanan orang nomor satu di negara Adi Daya tersebut.

Sebenarnya pada saat yang sama, Rabu 14 Desember kemaren, Pasukan Rahasia atau “Secret Service” (SS) Amerika juga merilis foto yang sama. Namun lokasinya berbeda. Foto yang dirilis oleh SS diambil di Arlington, Virginia, di samping sungai Potomac, melintasi Washington D.C. dari samping. Pada mobil ini dijelas menggunakan pelek jari-jari 16 mengkilap dan berbeda dibandingkan dengan Cadillac untuk presden sebelumnya.

Sedangkan foto yang dikeluarkan oleh Cadillac, diambil di studio dan satu lagi diberi latar belakang gedung putih dari kejauhan.

Desain & Teknologi
“Cadillac kembali mendapat kehormatan untuk membuat Limosin Kepresidenan yang baru,” komentar Mark McNabb, wakil presiden direktur Cadillac/Premium Channel Amerika Utara dalam rilisnya. “Ini merupakan tradisi kebesaran Amerika. Untuk itu kami menyambut pembaruan dengan mempersembahkan fitur dan desain terbaru pada mobil Presiden Amerika  ini. Mobil ini merupakan karya terbaik dari Cadillac, baik desain maupun teknologinya.”

Dijelaskan pula, limo baru ini digunakan untuk menggantikan tugas Cadillac DTS yang diluncurkan pada 2006. Mobil tersebut pertama kali digunakan G.W. Bush pada pelantikan keduanya, Januari 2005.

Desain dan teknologi yang dicangkokkan berubah secara dramatis dan dibuat sesuai dengan fungsi khususnya sebagai mobil Presiden Amerika Serikat.

Eksterior mobil ini menurut Cadillac lebih elegan dan bergaya moderen. Depannya, gril, tetap menampilkan ciri khas Cadillac, dua barisan kotak-kotak namun agak berbeda dibandingkan dengan model lainnya. Gril limo ini mirip dengan sedan sport CTS, dan Escalade.

Ciri lainnya adalah desain lampu depan dan belakang yang vertikal. Untuk kaca spion, sama dengan yang digunakan pada Cadilac untuk umum.

Ditambahkan, perubahan desain dilakukan untuk meningkatkan fungsi kendaraan sebagai alat transportasi presiden. Untuk itu, kaca samping dibuat sedikit lebih tegak dibandingkan versi sebelumnya. Tujuannya, agar lingkup penglihatan presiden bila melihat keluar makin luas. Meski begitu, dimensi dan proporsinya masih sama dengan limo  sebelumnya.

Jahit Tangan
Belakang dan samping limosin ini bergaya klasik, sama dengan Cadilac STS dan sedan mewah DTS. Untuk kabin, dirancang secara khusus dan merupakan karya terbaik dari desainer dan insinyur Cadillac.

Kabin dibuat dengan gaya, selera dan teknologi moderen. Meski begitu, unsur eksklusif dan setuhan “humanis” tetap digunakan. Antara lain, trim dan jok yang dikerjakan dengan ketrampilan tangan cara jaman dulu. Kulit interior dan jok dipotong dan dijahit dengan tangan.

Berbagai aspek fungsional dipertimbangkan dan dirancang dengan cermat. Ruang penumpang belakang  bergaya eksekutif dan  lebih lega. “Pokoknya bisa berfungsi sebagai kantor berjalan,” beber  Cadillac dalam rilisnya.

Paling Aman
Limo ini dirancang dan dikembangkan secara khusus. Begitu juga pengetesannya (sempat juga kecolongan difoto) untuk memastikan performa sesuai dengan tuganya. Tingkat keamanan ditentukan selama proses pembuatan. Khusus untuk keamanan, rahasianya dijaga superketat.

Dijelaskan, sebelum digunakan, SS dilatih mengoperasikannya, termasuk sistem komunikasinya. Dikatakan, kemampuan mobil ini memberikan perlindungan sama baiknya dengan tank.  Dapat melindungi penumpangnya dari serangan granat bahkan asteroid.

Sebagai kantor berjalan, tentu saja Cadillac ini dilengkapi pula dengan sistem komunikasi yang dikode secara khusus. Dengan ini menjadikannnya sebagai mobil yang paling aman di dunia.

Bendera Amerika Serikat dipasang di fender kanan depan dan bendera kepresidenan di fender kiri depan. Untuk menerangi kedua bendera tersut digunakan lampu sorot LED  dengan teknologi terkini.
The Beast
Meski Cadillac mengatakan limo ini penampilannnya lebih elegan dan moderen, beberapa media sebelumnya menjuluki sebagai “the Beast’ alias si Buruk Rupa. Penilaian tersebut didasarkan pada foto hasil ‘curian” ketika mobil ini dites dan ban yang digunakan. Ternyata ban yang diguna sama dengan truk. Publik pun mengira, Cadillac ini hasilo modifikasi dari truk.

“Presiden tidak naik truk dan tidak pula naik sedan,”jelas David Cadwell. ”Ini adalah kendaraan yang unik.”  Meski begitu, bobot mobil  ini diperkirakan mencapai 4,5 ton lebih. Cadwell sendiri tidak bisa menjelaskan ukuran dan tipe mesin yang digunakan. Hal ini menggambarkan, tak banyak orang yang tahu detail mobil ini. ”Kami sendiri tidak diijinkan membuka pintu,” komentarnya.

Meski begitu, dipastikan, Cadillac limo ini menggunakan kaca anti-peluru, bodi berlapis baja dan ban yang terus menggelinding kendati sudah gembos. Interior pun disekat dengan ketat untuk melindungi penumpangnya atau presiden dari serangan senjata kimia.

Di lain hal, SS yang ditugaskan mengemudikan dan memelihara mobil ini hanya berkomentar, ”Mobil ini memberikan perlindungan dengan tingkat tertinggi.”

Darrin Blackford, juru bicara SS ketika ditanya tentang kendaraan, menjawab singkat, “Kami tidak bisa mengungkapkan spesifik desain, dimensi, fitur dan performa mobil ini.” Ia pun tertawa ketika ditanyakan, apakah limo baru ini dilengkapi ‘colokan’ (interface) iPod untuk Obama. Informasi lainnya, Cadillac memproduksi paling sedikit 25 unit mobil khusus  ini.

Setelah dilantik pada 5 Januari 2009, Barack Obama akan menggunakan mobil kepresidenan baru, yaitu Cadillac limosin hitam. Ini bukan pernyataan resmi Gedung Putih dengan presiden sekarang, G W Bush, tetapi analisis seorang fotografer mata-mata—khusus tentang mobil-mobil yang akan diluncurkan atau dikembangkan (masa depan) oleh produsen otomobil di Amerika Serikat—Chris Doane.

Hebatnya lagi, Chris mengetahui mobil tersebut sudah dites dan berhasil menjepretnya pada musim panas yang lalu. Waktu itu ia membuat kesimpulan, Cadilac limo yang sedang dites di jalan umum itu akan digunakan sebagai kendaraan kepresidenan Amerika Serikat yang akan datang. Waktu itu, Barack Obama belum terpilih sebagai presiden, masih bersaing dengan rekan separtainya, Hillary Clinton.

Tutup Mulut
Menjelang Pemilu Amerika Serikat, tepatnya pada 30 Oktober 2008, muncul tulisan tentang “Presidential Power on the Road” di The New York Times (NYT) yang ditulis oleh Gregg D Merksamer. New Times pun menampilkan foto Cadillac limo hasil jepretan Chris Doane yang masih dikamuflase. Waktu itu, NYT hanya menulis tentang mobil yang akan disiapkan untuk Obama atau McCain.

Namun, setelah Barack Obama terpilih sebagai presiden, muncul lagi cerita tentang mobil yang akan digunakan nanti selama menjalankan tugas kepresidenan oleh majalah otomotif lainnya.

Tidak mudah bagi wartawan Amerika Serikat untuk mendapatkan data Cadillac yang digunakan sebagai mobil presiden, baik yang sekarang ini, maupun yang akan datang. Pihak berkepentingan, baik pembuat, maupun petugas rahasia yang menangani mobil, semuanya tutup mulut.

Mengingat mobil kepresidenan sekarang sudah digunakan sejak 2005, para pemburu berita memastikan, pada pemerintahan yang akan datang, mobil presiden akan diganti. Karena sulitnya mendapatkan informasi dan data, Gregg D Merksamer yang menekuni tentang mobil presiden selama hampir 30 tahun hanya mengulas berdasarkan pengamatannya melalui video klip berita televisi.

Truk
Menurut Chris Doane—sang fotografer yang berhasil menjepret mobil yang akan digunakan oleh Obama—sewaktu dites, limosin kepresidenan Amerika Serikat tersebut dasarnya adalah GMC Topkick, truk berukuran sedang buatan GMC. Kesimpulannya didasarkan pada ban Goodyear 19,5 inci Regional RHS yang digunakan limo ini. Dengan ini pula ia menyimpulkan bobot Cadillac untuk presiden tersebut lebih berat dari versi untuk umum.

Menurut Gregg, Cadillac limo yang digunakan G W Bush bodinya dibuat dari pelat baja dengan ketebalan paling kurang 5 inci (12,7 cm), hampir dua kali lebih tebal dari limosin presiden pada 1980-1990.

“Saya tidak tahu ketebalan kaca pengaman mobil tersebut. Namun, kaca setengah inci cukup untuk menahan peluru magnum 0,44. Bila ketebalannya 1,25–1,5 inci, peluru dari senjata laras panjang tidak akan bisa menembusnya,” ulas Gregg.

Dijelaskan, untuk menahan peluru, bagian pertama dari bodi dibuat dari materi yang keras. Setelah itu ditambahkan materi lunak untuk menyerap energi peluru. Material tradisional adalah dua lembar baja yang diperkuat dengan aluminium, titanium, dan keramik.

Mobil Pancingan
Kini mobil konvertibel atau dilengkapi dengan sunroof sudah jarang digunakan untuk kepresidenan. Presiden juga membatasi interaksinya dengan publik saat berada di dalam mobil. Pada mobil-mobil presiden sekarang, meski kondisinya tertutup rapat, kehadiran presiden bisa diketahui dengan menghidupkan lampu interior. Dengan cara ini, wajah presiden akan jelas terlihat dari luar.

Mobil presiden juga dillengkapi dengan pengikat khusus pada sasisnya. Tujuannya, bila mobil ini dibawa ke luar negeri saat kunjungan kenegaraan, bisa dibawa dengan pesawat jet barang militer. Di samping itu juga ada mobil khusus untuk cadangan dan pancingan.

Kendati limo presiden sangat menarik bagi kolektor, kenyataannya tidak satu pun bekas mobil Gedung Putih jatuh ke tangan pribadi. Ketika habis masa pakainya, mobil itu dihancurkan atau digunakan sebagai latihan pasukan rahasia.

About these ads

8 responses to “Spesifikasi Mobil Kepresidenan Amerika Serikat Barrack Obama

  1. wow, very very amazing!

  2. wah… gile bener.. nice car.. nice posting, thanx ^_^

  3. Andry tri jawhari

    M

    A

    N

    T

    A

    P

    makasih, pengetahuan x

  4. jagoan mobil presiden indonesia, ada jin penjaganya sebanyak 1000 jin jadi gak bakalan bisa di tembak kayak presiden ir.soekarno dulu

  5. kayak nya hampir sama seperti mobil nya pak SBY

  6. minta 1 unit saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s