Koran Bekas Dapat Digunakan Untuk Mengambil Emas Dari Komponen Elektronika Bekas


Jangan buang koran bekas Anda karena siapa tahu bisa bermanfaat untuk memanen emas. Menurut ilmuwan Jepang, koran bekas merupakan salah satu bahan ramuan gel ramah lingkungan untuk memisahkan emas dari sampah elektronika.

Selama ini kita tahu bahwa komputer bekas, televisi, dan ponsel mengandung logam mulia pada sebagian komponennya. Namun, sampah dibiarkan begitu saja karena memisahkan logam yang diinginkan termasuk sulit. Seringkali membutuhkan zat kimia beracun yang dapat merusak lingkungan.

Dengan koran bekas, para ilmuwan dari Universitas Saga, Jepang tidak hanya membuat proses tersebut menjadi lebih mudah, namun juga murah dan ramah lingkungan. Tim ilmuwan yang dipimpin Katsutoshi Inoue menghancurkan koran bekas menjadi bubur dan membersihkannya dengan mencampurkan ke dalam cairan klorin. Bubur kertas tersebut kemudian dicampur dimethylamine (DMA) dan formaldehid sehingga membentuk senyawa dalam bentuk gel.

Kemudian, gel dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk. Bubuk tersebut diuji untuk mengikat atau menyerap logam dari sampah elektronika yang biasanya telah dicairkan dengan asam hidroklorik.

Cairan beracun tersebut mengandung logam berat seperti tembaga, seng, dan besi yang masing-masing berkonsentrasi antara 190-840 bagian per mil. Namun, sekitar 250 bagian per mil adalah emas dan antara 11-16 bagian per mil adalah platina dan palladium.

Bubuk gel tersebut ternyata efektif memanen logam mulia. Senyawa gel mengikat sekitar 90 persen emas, platina, dan palladium, namun tembaga, seng, dan besi tidak terkat.

Kertas bekas menjadi komponen utama gel tersebut karena berasal dari kayu sehingga memiliki kandungan selulosa yang sangat tinggi. Sifat alami selulosa yang fleksibel memudahkan zat kimia menembus matrik larutan logam dan mengikatnya. Satu kilogram gel dapat mengikat 906 gram emas.

“Dan Anda dapat menggunakan gel itu kembali setelah memisahkan logamnya,” ujar Chaitanya Raj Adhikari, peneliti lainnya. Ia mengatakan belum dipastikan apakah kekuatannya mengikat logam mulia tetap. Selain itu, proses pengikatanya sangat lama. Untuk mengikat secara sempurna, gel harus dibiarkan pada larutan selama sekitar lima jam.

Hal tersebut mungkin kurang efektif jia dipakai pada skala industri. Namun, setidaknya temuan ini telah menjanjikan senyawa yang murah dan lebih ramah lingkungan untuk memanen logam-logam mulia dari sampah elektronika.

About these ads

25 responses to “Koran Bekas Dapat Digunakan Untuk Mengambil Emas Dari Komponen Elektronika Bekas

  1. Mas, diperjelas lagi dong artikelnya.
    1. step by step pembuatan gel dari koran bekasnya.
    2. step by step mengambil emas dari komponen komputer.

    pasti berguna untuk banyak orang
    thanks

  2. saya ada 100kg komponen elektronik bekas yg dilapisi emas murni,bgmn cara mengolahnya.mhn info/kerja sm

    • saya bs ker sm dngn anda tuk memproses brng anda,silakan hub saya di no 083838000688,dengan syarat bagi hasil?bla mau silakan hub saya?

  3. Mas,, peralatan (chemical, tools, dll) apasaja yang dibutuhkan untuk memanen emas… thanks…

  4. mas,saya ada 50 kg komponen elektronik dilapisi emas murni bagaimana cara pengolahan nya. mohon informasi na.

  5. info bagus nih tuk kemajuan teknologi kita

  6. bos tlg beritahu kami prosesnya scr jelas,(alat,bahan)apa sj yg mesti diperlukan.thanks mungkin dpt berguna utk semua.

  7. askum.mas saya mau tanya bahan apa untuk menglarutkan barang elektrnik bekas?seperti contoh yang di atas tuk mengambil logam mulia dalam komponen yang sudah di larutkan berbentuk jely atau apa?…trms askum.

  8. Wow…. menakjubkan!!!

  9. kalo satu televisi 24 in bs dapat berapa gram?.

  10. Rio misid lamanie

    Halo master salam kenal sy Rio dari cikarang. Saya bs bli kaset cd cara rinci pengolahan emas menggunakan koran atau no tlp anda trimks

  11. tolong bos kurang jelas cara membua jel pengikatnya

  12. MENDULANG EMAS DALAM SAMPAH ELEKTRONIK / E-WASTE PROYEK JAHAT
    Sekenario pembuangan sampah besar-besaran dari negara maju yang masuk ke Indonesia sudah berhasil, namun masyarakat tidak menyadari bahkan membeli dengan harga mahal dan termakan iming-iming emas palsu. Saya katakan PALSU karena ternyata logam kuning yang mirip emas tersebut tertarik MAGNET namun patut kita maklumi kondisi masyarakat yang sedang terhimpit dengan kedaan menjadi menutup mata tetang sekenario pembuangan sampah elektronik tersebut. Bila anda pelajari dengan saksama e-book yang banyak beredar ternyata hanya hasil copy paste dan terjemahan dari situs-situs yang bersal dari Negara-negara penghasil sampah elektronik yang sedang mencari korban yang akan dijadikan tempat sampah gratis dan bahkan sampah tersebut menghasilkan uang.

    • stuju banget!!! saya sdh cba dari 1kg prosesor komputer yg sdh bersih /(yg saya ambil cma kaki jarum & sircuit nya saja)karena yg lain hanya sampah tembaga timah jga seng ” cma dapat 1 mg emas” hrs terkumpul brpa ton untuk mendapatkan 1kg emas” klo mau emas ikut nambang gelap sajas sama saya” hehe yg hsl nya sdh menjanjikan”

  13. saya bisah bantu anda memsisahkan emas dari komponen anda dengan syarat bagi hasil
    hubngin 0812711 71175

  14. saya ada ratusan ribu ton limbah eletronik walau saya tidak tahu mengolah emasnya saya hanya jual limbah segala jenis eletronik.minat hub 081338031122.087863031122

  15. trimakasih buat ilmu nya yg udah mau membagi ilmu yg sngat bermanfaat.,apakah cra ny udah benar mas karna saya ingin mencoba ny,klau msih ad yg krang.mohon petunjuk yg bnar..trimksih wslam

  16. boleh coba………

  17. jangan bikin rumor yang gak jelas nih…yang pasti nya ada gak kalo ada dari limbah yang mana dan dari mana? supaya menjadikan manfaat kepada semua orang, dan satu lagi dari saya kalo mau

    nambang emas ayo keja sama kita tau dimana tempat nambang konvensional dan tau cara caranya

  18. masih blum jelas neh ,uraikan detailnya dunk ?

  19. arifuddin. maros_ sulawesi selatan

    thanks atas info tehnologinya, kebetulan dilokasi saya ada pengolahan dan daur ulang bahan bekas elektronik.

  20. vimen al_faritsyi

    makasih ane dah ngerti, emangpertamanya aga’ rumit tapi ane dah coba 4X hasil lumayan’ makasih tas petunjuknya……….!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s